Don’t Pretend to Understand (Jangan berpura-pura mengerti)

Banyak diantara kita yang pura-pura bilang “OK” meski sebenarnya kita tidak mengerti apa yang dibicarakan, disarankan atau ditanyakan orang lain. Nih, saya copas dari http://www.englishclub.com (jangan kuatir, sudah saya terjemahkan kok!).

Gunakan ungkapan-ungakapan berikut:

Formal :

  • Bisa/tolong diulangi ? : Could you repeat that?
  • Maaf, apa pertanyaan anda ? : Sorry, what’s your question?
  • Maaf ? : Pardon?
  • Maaf, saya tidak menyimak bagian itu : Sorry, I didn’t catch that part
  • Bisa diulangi kembali? : would you mind repeating that ?
  • Bisa agak pelan dikit? bahasa Inggrisku kurang bagus : Could you slow down, please? My English is not that strong.
  • Saya tidak tahu caranya : I don’t get it. (I don’t understand how to do it.)
  • Tolong dieja ? : Would you mind spelling that for me?
  • Saya bingung : I’m confused
  • Maaf, saya masih belum mengerti : Sorry, I still didn’t catch that. (dipakai kalau kita masih belum juga mengerti apa yang dibicarakan)

Informal :

  • Tolong diulangi : Say again, please?

WARNING :

Jangan pernah memakai kata : What??? : Apa???, karena sangat-sangat tidak sopan

Alasan-alasan yang bisa digunakan (biar ga dibilang ‘telmi’, hehe … ) :

  • Saya tidak bisa bahasa Inggris :  I don’t speak English.
  • Bahasa Inggris adalah bahasa keduaku : English is my second language
  • Saya bukan orang sini : I’m not from here (misalnya, kita ini turis atau orang asing di tempat itu)