Pertanyaan ini sering diajukan beberapa teman kepada saya (Lucu juga, padahal mungkin Bahasa Inggris saya ngga jauh lebih baik, hehehe …) Untuk menghargai teman, saya sarankan (ini berdasarkan pengalaman, lho!):

  1. Pelajari sebatas kemampuan. Maksud saya ngga usah terlalu mikirin aturan grammar dulu. Kadang kalau terlalu dipikirin kalau mau bilang dalam Bahasa Inggris, apakah saya sudah sesuai grammar (tenses, dll) atau tidak. Forget about that (lupakan semua itu!)
  2. Cari di internet situs-situs pelajaran Bahasa Inggris. Gunakan kata kunci, seperti : Learn English, Free English Lesson. Jangan kuatir, pasti banyak yang kita akan dapatkan, dan (sebagian) GRATIS lagi!
  3. Praktekkan. Cari teman buat ngobrol (lebih bagus lagi kalau dia lebih mahir dari kita). Tanpa praktek dan berlatih, Bahasa Inggris kita ngga bakalan maju-maju (Remember, without practicing, your English is nothing!)